• RS Syamrabu Kembangkan Empat Layanan Orthopedi

    RS Syamrabu Kembangkan Empat Layanan Orthopedi

    Rumah Sakit Syarifah Ambami Rato Ebu (RS Syamrabu) Bangkalan bisa disebut sebagai yang paling maju di Madura. Rumah sakit kebanggaan masyarakat Kabupaten Bangkalan itu, semakin dilengkapi dengan berbagai pelayanan yang prima. Yang terbaru, rumah sakit yang beralamatkan di Jalan Pemuda Kaffa Bangkalan ini, bakal melakukan pengembangan pelayanan pada bidang pelayanan orthopaedi. Bahkan, pelayanan tersebut, bisa disebut satu-satunya di Pulau Madura.

    Untuk mewujudkannya, tidak lama lagi, RS Syamrabu Bangkalan akan memluai kerja sama dengan Rumah Sakit dr. Soetomo Surabaya dalam pengembangan bidang layanan tersebut. Dalam pelayanan orthopaedi, akan dikembangkan empat bidang, antara lain arthoplasty (ganti sendi), musculoskeletel pain intervention (manajemen penanganan nyeri dengan intervensi tindakan), arthroskopi dan penanganan cedera olahraga, spine (operasi tulang belakang). Pelayanan empat bidang orthopaedi selain trauma tersebut, belum ada yang mengembangkan di Madura.

    Dokter Spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatis Ainul Miftah Azazin mengatakan, yang menjadi alasan utama manajemen RS Syamrabu dalam mengembangkan orthopedi ini,  karena semkain membludaknya pasien untuk operasi bedah ini. Berdasarkan data dari RS Syamrabu Bangkalan, terdapat sekitar 600 hingga 900 pasien per tahun untuk operasi.

    Sedangkan pada pelayanan poli, mencapai 30 hingga 50 pasien per hari. Dengan begitu, terdapat sekitar 400 hingga 500 pasien dalan setiap bulan, yang sebagiannya merupakan pasien trauma. Pelayanan baru tersebut, akan diresmikan bulan April mendatang. Sementara untuk alat dan ruangannya, sudah disiapkan. Manajemen juga akan menambahkan tim medis, seperti lima dokter dari dr. Soetomo dan beberapa perawat.

    Tim dokter tersebut berasal dari dua dokter orthopaedi, satu rehab medic, satu radiologi dan satu anastesi. Selain penambahan SDM tersebut, RS Syamrabu Bangkalan juga telah mengirimkan dua perawat untuk berlatih orthopaedi di RS dr. Soetomo.

    ”Alat lengkap seperti antrostopi, siam, alat operasi yang cukup canggih, ada foto rontgen yang tembus dan kamar operasi baru yang sudah disiapkan,” ujarnya.

    Setelah diresmikannya Sentra Nyeri Sendi dan Traumatologi, Direktur RS Syamrabu Bangkalan Yusro berharap, dapat bekerja sama dengan rumah sakit di seluruh Madura dan masyarakat Madura.

    ”Setelah diresmikannya ini, saya berharap dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Madura dengan baik,” pesannya.

    Sumber: http://kabarmadura.co/wp-content/uploads/2018/03/P_20180314_100034.jpg

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply