• Ajak Masyarakat Bangkalan Hidup Sehat

    Ajak Masyarakat Bangkalan Hidup Sehat

    Melalui seminar yang telah dilakukan, Sabtu (7/4), oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syarifah Ratu Ebuh (Syamrabu) Bangkalan, seluruh tenaga kesehatan di Bangkalan maupun masyarakat Bangkalan, diimbau untuk menerapkan hidup sehat.

    Melalui Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rosida Fajariya, dikatakan bahwa, saat ini penyakit gagal ginjal yang menyerang wanita sangatlah tinggi dibandingkan dengan laki-laki.

    Dengan begitu, saat memberikan pengarahan peserta seminar tersebut, dokter yang kerap disapa Rosida ini menekankan, agar ada deteksi faktor resiko dan deteksi dini penyakit ginjal kronis, khususnya pada wanita.

    “Gagal ginjal wanita lebih tinggi dibandingkan laki-laki,” tuturnya saat ditemui di ruang Hemodialisis, Selasa (10/4) siang.

    Selain memberi pengarahan terkait penyakit dalam, seperti gagal ginjal, Rosida juga memberikan pengarahan terkait diet pasien hemodialisis untuk pengguna cuci darah. Pengarahan ini juga dikarenakan, diet merupakan kegiatan yang banyak sekali dilakukan oleh wanita.

    Sementara Kepala Ruangan Hemodialisis RS Syamrabu Bangkalan Nanik Nurani juga menambahkan, khususnya pasien hemodialisis, takut untuk makan sembarangan. Padahal pasien hemodialisis membutuhkan asupan gizi yang tinggi. Nanik juga mengatakan bahwa diet yang dilakukan masyarakat maupun pasien hemodilisis kurang baik. Sebab kurangnya asupan gizi yang cukup.

    “Pasien-pasien itu kadang-kadang takut makan ini itu, padahal harus banyak asupan protein dan gizi,” tutur Nanik yang juga merupakan seorang perawat RSUD Syamrabu.

    Setelah adanya pengarahan terkait penyakit dalam dan diet oleh dokter Rosida ini, Nanik menginginkan agar masyarakat dan pasien hemodialysis yang ingin diet untuk menjaga dengan baik asupan gizinya dan tidak mendengarkan omongan orang lain.

    “Harapannya kualitas hidupnya lebih bagus,” imbuh Nanik.

     

    Sumber: http://kabarmadura.co/2018/04/11/ajak-masyarakat-bangkalan-hidup-sehat/

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply