Instalasi Rawat Jalan adalah unit pelayanan rawat jalan spesialis yang dilayani oleh dokter spesialis dan dipimpin oleh seorang kepala instalasi. Selain memberikan pelayanan kuratif juga promotif kesehatan bagi pasien dan keluarganya. Instalasi rawat jalan terdiri dari 22 poli spesialis pelayanan spesialisasi terbagi menjadi tiga lantai.

1. Poli spesialis Syaraf
Pada Poli spesialis Saraf tersedia peralatan:
a. ECG yang berfungsi untuk mendeteksi fungsi otak (Epilepsi) dan penyakit yang lain.
b. TMS yang merupakan alat Untuk membantu memaksimalkan hasil terapi beberapa kasus-kasus saraf (stroke, vertigo, nyeri pinggang, dan nyeri yang lain)

2. Poli spesialis Jantung
Poli spesialis Jantung menyediakan peralatan Echocardiography. Alat diagnostik tersebut yang dipergunakan untuk mengetahui dan mengevaluasi fungsi, anatomi jantung dan pembuluh darah, diantarany penyakit yang berhubungan dengan hipertensi, penyakit jantung koroner penyakit paru, payah jantung, kelainan bawaan, gangguan metabolic, penyakit jantung rhema/ katup, penyakit jantung akibat kehamilan. Selain itu juga dapat digunakan untuk evaluasi penyakit vaskuler perifer. Alat ini terdiri atas 2 macam teknik pendekatan, yaitu Transthorakal Ekhokardiografi (TTE) dan Transesofageal Ekhokardiografik (TEE). Kedua tehnik ini berfungsi saling melengkapi dalam penggunaannya. Interpretasi dan kesimpulan dibuat oleh dr. spesialis jantung dan pembuluh darah.
a. Holter Monitoring
Alat non invasive yang dipergunakan untuk mendeteksi dan mengevaluasi irama jantung dalam 24 jam. Interpretasi dan kesimpulan dibuat oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah.
b. Ambulatoir blood pressure monitoring
Alat non invasive yang dipergunakan untuk mendeteksi dan mengevaluasi tekanan darah yang dipantau selama 24 jam, interpretasi dan kesimpulan dibuat oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah.
c. Alat latih beban jantung (treadmill test/ exercise stress test (EST)
Alat non invasif yang dipergunakan untuk mengukur kapasitas fungsional jantung, mendeteksi penyakit jantung koroner, menilai prognostic dan mengevaluasi respon terapi, dengan cara memberikan beban latiha secara terukur dan bertahap di bawah pengawasan dokter spesialis jantung & pembuluh darah. Interpretasi dan kesimpulan dibuat oleh dokter spesialis jantung & pembuluh darah.

3. Poli spesialis Penyakit Dalam
Selain memberikan pelayanan pemerisaan dan pengobatan, Poli spesialis penyakit dalam juga memberikan edukasi pada pasien diabet tentang diet, olahraga, tehnik penyuntikan obat injeksi diabet, Pemantauan gula darah secara mandiri, dll. Selain itu tersedia pula tindakan endoscopi untuk menegakkan diagnosa pada pasien dengan kelainan pada saluran cerna.

4. Poli spesialis bedah umum
5. Poli spesialis bedah plastic
6. Poli spesialis bedah ortopedi
7. Poli spesialis rehab medik
8. Poli General Check Up
9. Poli spesialis Anestesi
10. Poli spesialis Jiwa/Psikiatri

Pada lantai 2 RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu tersedia pelayanan:
11. Poli spesialis Kandungan
Poli spesialis kandungan memberikan pelayanan:
a. Pada penyakit – penyakit kandungan dan kelainannya
b. Pada peserta keluarga berrencana dan penanganna masalah – masalahnya
c. Pemeriksaan Pap Smear, untuk mendeteksi Kanker Serviks sejak dini
Layanan Ibu Hamil memberikan pelayanan pemeriksaan antenatal dan post natal bagi pasien yang lama menikah belum bisa hamil,serta dilengkapi oleh alat USG

12. Poli spesialis Anak & Tumbuh kembang
Poli spesialis Anak meberikan Pelayanan Kesehatan Anak Paripurna dan Imunisasi anak serta dilengkapi dengan ruang tunggu dan area bermain anak yang nyaman

13. Poli Paru
Pada Poli spesialis Paru dilengkapi dengan peralatan:
a. Spirometri yang berfungsi untuk mengukur kelainan fungsi paru
b. Bronchoscopy yang berfungsi untuk mendeteksi kelainan pada paru
c. Pelayanan inhalasi

14. Poli spesialis THT
Poli spesialis THT dilengkapi dengan peralatan canggih antara lain ENT Endoscopi, sehingga semakin banyak diagnose kelainan THT yang dapat ditegakkan

15. Poli spesialis Kulit dan Kelamin
16. Poli spesialis Mata
a. Refraksi
b. Autorefraksi
c. Campimetri
d. Keratometri
e. Biometri
f. Anal Test
g. Tensi Okuli
Selain itu dilengkapi pula dengan alat canggih seperti Slit lamp untuk melakukan pemeriksaan mata yang dilengkapi dengan monitor dan dapat diprint out hasil pemeriksaannya.

17. Poli Gigi
Poli spesialis gigi dan mulut RS Syamrabu terletak di lantai 2 Dilengkapi dengan dental unit lengkap dan ditangani oleh dokter gigi spesialis dan dokter gigi umum. Poli Gigi dan Mulut memberikan pelayanan:
• Perawatan Kedokteran Gigi Dasar
• Bedah Mulut (Minor Surgery)
• Perawatan Pengawetan gigi (Konservasi)
• Perawatan Perataan gigi (ortodensi)
• Perawatan Jaringan Penyangga gigi (Priodonsi)
• Pemasangan Gigi Tiruan (Prostodonsi)

Pada lantai 3 tersedia pelayanan:
18. Poli spesialis Voluntary Counselling Testing (VCT)
Memberikan pelayanan Screening dan konseling HIV dari penderita secara sukarela
19. Poli Psikologi
Poli Psikologi memberikan pelayanan
a. Konsultasi psikologi/Konseling
b. Pemeriksaan IQ
c. Pemeriksaan Potensi kerja/ okupasi
d. Pemeriksaan Keperibadian
e. Pemeriksaan PNS/CPNS
f. Pemeriksaan jabatan tertentu
g. DDTK (tumbuh kembang)
h. Pemeriksaan calon orang tua angkat
i. Pemeriksaan Kasus KDRT, kekerasan pada anak
j. Pelayanan psikologi forensic & saksi ahli
k. Test Bakat, Minat
l. Pemeriksaan Tenaga kerja
m. Surat keterangan psikolog
n. Intervensi Psikoterapi supportive
o. Intervensi Psikoterapi reedukasi (kognitif,reality)
p. Intervensi Psikoterapi rekontruksi/modifikasi perilaku
q. Intervensi Psikoterapi brain wave, brain gym, induksi & terapi interpersonal
r. Vicite rawat gabung
s. Surat keterangan kesehatan jiwa

20. Poli Spesialis Infertil
Poli spesialis Hamil memberikan pelayanan pemeriksaan antenatal dan post natal bagi pasien yang lama menikah belum bisa hamil,serta dilengkapi oleh alat USG

21. Poli Medical Checkup
Kesehatan bukanlah segalanya, tetapi tanpa kesehatan segala sesuatu menjadi tiada artinya. Karena itu menjadi sehat merupakan harta yang amat berharga bagi setiap individu. Banyak hal disekitar kita yang dapat mengakibatkan menurunnya kesehatan seseorang seperti perubahan lingkungan hidup yang kurang sehat atau perubahan pola hidup saat ini, hal ini tentunya berpengaruh pula pada pola makan, aktifitas dan kebiasaan seseorang.

22. Poli Bedah Plastik
Poli ini terletak di lantai 1 ,merupakan salah satu pilihan tepat yang memberikan pelayanan serta perawatan kesehatan dengan penanganan dokter spesialis bedah plastik yang berpengalaman.